Jumat, 08 Mei 2015

waiting for pregnancy - Second Year

Memasuki tahun kedua pernikahan dan masih belum ada tanda2 hamil, aku disarankan oleh seorang kawan untuk mendatangi dr Reza Kamal di RSB Permata Sarana Husada, masih di bilangan Pamulang.

Kesan pertama masuk ke ruangan dr Reza ituu mayan goodlooking, arab2 gitu hehe, dan komunikatif. Semua pertanyaan dijawab dengan jelas, kadang sampe digambar segala buat ilustrasi, biar mudah dipahami. Dari awal periksa udah dipastikan aku emang PCO, dilihat dari ciri2nya. Yaitu kegemukan, haid tidak teratur. Ciri PCO lainnya jerawatan, banyak bulu2 di tangan, kaki, bahkan ada yg di wajah. Kalo mo tau apa itu PCO bisa dibrowsing sendiri yaaa, atau ntar aku bikinin thread sendiri deh yaa...

Obat yg dikasih ke aku itu Diane-35 untuk ngatur siklus haid. Sebenernya itu pil KB ya, tp emang bikin haid teratur. Aku konsumsi pil itu untuk 3 siklus. Kemudian utk memancing pertumbuhan sel telur aku dikasih profertil, dan setiap hari ke-12-14 dicek ukuran sel telurnya berapa.

Setelah itu aku disuruh cek lab untuk gula darah, lalu dikasih glucophage untuk nurunin gula. Sempat juga aku minta dikasih pengantar untuk HSG, yaitu tes untuk mengetahui apakah ada sumbatan di tuba falopi, alhamdulillah hasilnya paten.

Oya, di tahun kedua ini aku juga gabung di sebuah grup di Facebook yang anggotanya para wanita yang sudah menikah namun belum hamil. Nama grupnya Aku Ingin Hamil (AIH). Maybe sounds ridiculous, but that's what happen to some women nowadays. Bergabung dalam grup AIH membuatku lebih tenang, sabar dan ikhlas karena banyak temen2 seperjuangan disitu, yang usia pernikahannya lebih lama dariku. Dari grup AIH juga aku banyak belajar tentang macam2nya gangguan infertilitas dan tes2 apa saja yg diperlukan untuk mengetahui kualitas organ2 reproduksi kita.

Setelah kira2 setahunan ke dr Reza aku memutuskan berhenti karena ada hal2 yang kurang sreg dengan treatment yg beliau berikan. Mungkin nanti saja kalo aku udah hamil aku akan kembali berkonsultasi dengan beliau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar