Senin, 14 Maret 2011

Cerita - RESENSI

Berawal dari impianku untuk bisa mengembangkan minatku pada bidang tulis-menulis, suamiku mengarahkan aku untuk mencoba membuat resensi. Hahhh, resensiiii??? Itu kan yang biasa ada di koran2, mengulas tentang buku2 dan ulasannya begitu berat, memperhatikan berbagai aspek sastra dan lain sebagainya.

Lalu aku mencoba mencari-cari bagaimana resensi itu dibuat, apa saja yg dituliskan dalam resensi. Aku juga mencari contoh2 resensi baik dalam level serius maupun biasa saja. Akhirnya aku mencoba membuat  satu resensi dan ternyata masuk kategori "lumayan". Yahhh, berarti ngga jelek2 amatlah hehehehe.....

Berbekal itupun suamiku mulai menimbuni aku dengan buku2 kiriman penerbit yg berjenis novel. Kenapa novel? Karena otakku baru sanggup membaca dan memahami novel daripada buku2 nonfiksi. Mungkin karena itu aku agak kesulitan membuat karya ilmiah hehehe....

Tidak semua resensi yg aku buat berjalan mulus, kadang aku kesulitan memahami inti dari novel itu, karena aku juga kurang bisa memahami sastra dengan gaya bahasa yg begitu indah dan rumit. Namun ada juga resensi yg memuaskan, dan aku anggap bisa menggambarkan bagaimana isi buku itu. Tapi aku yakin resensi yg aku buat itu jauh dari sempurna, bahkan jauh dari kaidah penulisan resensi juga. Aku membutuhkan kritik dan saran untuk itu.

Semua resensiku dimuat di www.okezone.com,  bukan tanpa alasan. Selain untuk mencoba menyalurkan minat menulisku, tapi juga membantu meringankan pekerjaan suami ;) Beberapa resensi yg aku anggap memuaskan untukku akan aku tampilkan disini. Jika ada yg kurang pas atau sama sekali tidak bagus, jangan segan2 berikan komentar/kritik/saran anda. Maturnuwun....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar